Langsung ke konten utama

GUNUNG ARGOPURO : DAY 3 - Akhirnya Sampai di Puncak Rengganis

Cerita sebelumnya...

[ BACA : GUNUNG ARGOPURO : DAY 2 - Hujan Kemarin Menyisakan Cerita untuk Hujan Hari Ini ]

Day 3 - Rabu, 25 Desember 2019
Cisentor - Rawa Embik
Hari ini adalah hari ketiga pendakian kami menuju Puncak Argopuro. Perjalanan 8.5 jam kemarin membuat kondisi fisikku cukup terkuras, belum lagi 'penyakit' gak bisa tidurku kumat sehingga membuat diriku gak bisa tidur sepanjang malam. Menunggu pagi itu rasanya sangat lama, membosankan dan juga melelahkan. Walaupun demikian semuanya itu tak mengurangi semangatku untuk tetap melanjutkan perjalanan.
Belum juga merasakan nikmatnya sarapan, perutku berkontraksi hebat. Mengasingkan diri dari keramaian, mencari lapak lapang menjadi tugas pertamaku pagi itu. Sebuah kenikmatan yang hakiki untuk menjadi dekat, semakin dekat, dan lebih dekat dengan alam.

Setelah menyelesaikan tugas nan penting itu, kembali kubuatkan roti dan energen sebagai sarapan pagi, penambah semangat sebelum memulai perjalanan panjang. Berhubung ini adalah hari ke-5 aku tak mandi, cuci muka, atau bahkan sikat gigi (jigong dan bau iler udah kemana) dengan wajah yang tak karuan bentuknya, ku langkahkan kaki turun menyusuri aliran air dimana kemarin aku jatuh.

...

Setelah selesai melakukan ritual tersebut (keramasan, mencuci muka, sikat gigi dan mencuci-cucian), segera kami mempacking ulang seluruh barang bawaan dan melanjutkan perjalanan menuju Sabana Lonceng, tempat perhentian terakhir sebelum menuju puncak. Perjalanan hari itu kami mulai pukul 07.45. Dengan semangat yang ada perlahan kami langkahkan kaki meninggalkan Cisentor. Cerita perjalanan hari itu baru saja dimulai, tapi ingin rasanya ku bernyanyi : 'Mendaki gunung, lewati lembah. Semuanya terasa indah namun menguras tenaga.' Perjalanan yang tidak mudah itu mengharuskan kami melewati bukit-bukit yang cukup terjal, keluar masuk savana, ngulang-ngulang begitu saja selama 2 jam 15 menit. Jalur pendakian terlihat begitu sangat jelas, banyak penanda yang bisa dijadikan patokan untuk membawa langkah kita menuju Rawa Embik. Tiap hembusan nafas menjadi saksi lelahnya tubuh. Tingginya Edelweis yang mengapit perjalanan kami pun tak hanya ingin sekedar menjadi saksi, namun eksistensinya seolah ingin menunjukkan keanggunan dan keindahan secercah cerita pegunungan Argopuro.

Edelweisnya tinggi-tinggi 3-5 Meter

Rawa Embik - Sabana Lonceng
Saat itu menujukkan pukul 10.00 dan kami akhirnya pun tiba di Rawa Embik. Panas, terik, lelah membuatku hampir terlenah untuk tak lagi melanjutkan perjalanan. Ingin rasanya ku bermalas-malasan di Savana yang membentang luas, menikmati suara dan kicauan burung yang berterbangan di alam bebas.

Oh ya, setahuku dari Rawa Embik sampai ke Danau Taman Hidup sudah tak lagi memiliki sumber mata air. Oleh sebab itu, ketika berada di Rawa Embik kita dapat mengisi dan mempersiapkan cadangan air untuk beberapa waktu ke depan.
Tak dibiarkan berlama-lama bermalasan, segera kami bergegas pergi meninggalkan Rawa Embik menuju Sabana Lonceng. Savana, dan bukit-bukit terjal masih mendominasi perjalanan sebelum sampai ke titik perhentian terakhir kami di hari ketiga itu. Puncak sudah terasa semakin dekat, cuaca yang tadinya begitu cerah dan terik, dengan segera berubah menjadi gelap mendung seolah ingin turun hujan. Siang itu, sekitar pukul Pk. 11.50 kami tiba di Sabana Lonceng. Tubuh begitu sangat lelah tak terkatakan, aku pribadi sendiri ragu bisa kuat untuk muncak ke salah satu puncak tertingginya (Puncak Rengganis).

Gerbang menuju Sabana Lonceng

Sabana Lonceng

Sebelum fix memutuskan muncak ke Puncak Rengganis yang berjarak tempuh lebih kurang 20 menit dari Sabana Lonceng, kami lebih dulu mengisi tenaga dengan memberi makan cacing-cacing di perut yang udah bunyi-bunyi dari tadi. Tak mau lama-lama membuang waktu, setelah makan siang, kami putuskan untuk langsung mendirikan tenda sementara meletakkan keril bawaan nan berat itu, dan muncak.

Puncak Rengganis

Sempat kami berpikir untuk tidak ngecamp di Sabana Lonceng dan melanjutkan perjalanan ke Danau Taman Hidup, namun keputusan kami lagi-lagi ada benarnya. Turun dari Puncak Rengganis, hujan pun akhirnya turun membasahi. Tanpa pikir panjang, tak banyak bicara ataupun berdiskusi, kami langsung mendirikan tenda.
Lokasi camp Sabana Lonceng bukan berada di tengah savananya, namun lokasi yang paling strategis, kita dapat mengambil bagian tepi kanan atau kiri savana. Pada tepi kanan dan kiri savana terdapat lapak rata yang di tumbuhi pepohonan rimbun yang dapat menolong dan melindungi kita dari terpaan angin yang membawa udara super dingin.
Siang itu, kami memilih untuk beristirahat di Sabana Lonceng dan melanjutkan perjalanan ke esokan harinya.

Bersambung....
Pesona Danau Taman Hidup

Postingan populer dari blog ini

GUNUNG RAUNG : Perjalanan Menggapai Puncak Sejati - 3344 MDPL

Raung, 3344 MDPL I'm coming!!! Pucuk dicinta ulampun tiba. Gayung bersambutlah pokoknya! Cerita kali ini bisa dibilang kebanyakan drama, namun sangatlah menyenangkan. Kenapa enggak, keinginan awak beberapa tahun silam akhirnya kesampean, baca nih -> K E S A M P E A N.  Rasa penasaranku begitu menggebu, nancap sampai ulu untuk menunggu moment itu, akhirnya terealisasi. Moment opo toh neng? Ya... Pokoke berhasil muncak dan megang plakat Mt. Raung yang dikenal sebagai gunung yang memiliki trek paling ekstrem se-Pulau Jawa. Sebelum menceritakan detail perjalananku, aku ingin sodara-sodari kenal akan gunung ini. Raung... Secara administratif, kawasan gunung Raung termasuk dalam wilayah di tiga kabupaten yaitu Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember. Dan secara geografis, lokasi gunung Raung berada dalam kawasan komplek Pegunungan Ijen, dan dinobatkan menjadi gunung yang memiliki puncak paling tinggi dari gugusan pegunungan tersebut.  Raung sendiri memiliki 4 titik puncak, yaitu

Budget Traveling Palembang - Bali sampai ke Labuan Bajo

Untuk postingan kali ini, saya akan merincikan biaya yang saya keluarkan (pribadi) untuk dua tempat wisata ini. Biaya jalan-jalan ini kurang lebihnya terdiri dari : 1. Biaya transportasi  : a. Pesawat Palembang - Bali b. Pesawat Bali - Labuan Bajo c. Pesawat Labuan Bajo - Palembang d. Trasportasi ke Bandara 2. Biaya Inap Hotel a. Hotel di Bali b. Hotel di Labuan Bajo 3. Biaya Sailing 3D 2N 4. Biaya Lain-Lain a.  Biaya Makan / Kuliner b. Tempat masuk wisata b. Transportasi di Bali dan Labuan Bajo c. Tips ABK 4. Oleh - Oleh ( optional ) 1. Biaya Transportasi a. Pesawat Palembang - Bali (Garuda) 22 Maret 2016 - Rp 900.000,- Untuk pergi ke Bali, ada begitu banyak pilihan maskapai penerbangan. Saya lebih memilih untuk naik pesawat ketimbang jalur darat (ngeteng) dengan alasan ya Sumatera dan Bali itu jauh sekali oi.. Berhubung saya sudah merencanakan dan membeli tiket PLM - DPS 3 bulan sebelum (Desember), saya mendapat harga tiket jauh lebih mur

RAJA AMPAT : Serpihan Keindahan Surga yang Jatuh ke Bumi (PART II : MISOOL ISLAND)

Misool Island!!! Sebuah destinasi yang "katanya" paling wajib dikunjungi kalau berkunjung ke kawasan wisata Raja Ampat. Dan "katanya" lagi,  keindahan alam bawah laut dan  landscape yang ditawarkan di kepulauan Misool begitu berbeda indahnya, melebihi keindahan Kepulauan Wayag atau pun Piaynemo. Pada waktu dan kesempatan kali ini, masih dengan tim yang sama, setelah dikurang dan ditambah dengan beberapa orang yang berbeda, terkumpullah 17 orang yang memiliki tujuan yang sama, ingin menjelajah kepulauan Misool. Yappp! S etelah rehat 2 hari dari menjelajah  Kepulauan Wayag & Piaynemo , kini tiba saatnya aku dapat melihat keindahan Kepulauan Misool secara langsung. Rasa bahagia begitu nyata mewarnai hariku saat itu. Senin, 15 Maret 2021 (PELABUHAN MARINA SORONG - KAMPUNG PULAU KASIM - KAMPUNG HARAPAN JAYA) Pk. 09.00 WIT,  Meet up at Marina Sorong Port "Hari ini kita ketemu di Pelabuhan Marina, Sorong, ya."  .... Siapp! Ku packing -kan   seluruh bawaanku,